Cegah Letih Lesu Akibat Anemia

No Comments



          Pasti anda pernah mengalami lemah, letih, lesu. Itu tanda anemia, yang terjadi karena darah tak memiliki cukup hemoglobin. Hemoglobin membantu sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh.

Mari kita perbanyak hemoglobin dengan :

          Pertama, konsumsi makanan kaya zat besi. Banyak terkandung dalam daging merah, ikan, ayam, hati, telur, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, bayam, brokoli, tahu.

          Kedua, percepat penyerapan zat besi. Jangan lupa konsumsi juga makanan atau minuman yang membantu penyerapan zat besi seperti jus jeruk, stroberi, brokoli, atau buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C.

          Ketiga, jangan minum kopi atau teh setelah makan. Kedua jenis makanan ini mempersulit tubuh menyerap zat besi.

          Keempat, hati-hati dengan kalsium. Karena memperburuk penyerapan zat besi. Konsultasi dengan dokter bagaimana cara terbaik mendapatkan kalsium dan zat besi sekaligus untuk kesehatan tubuh kita.

          Kelima, penting juga vitamin B12 dan asam float. Keduanya terdapat dalam daging ayam, daging merah dan sayur-sayuran.

          Keenam, sebelum mengonsumsi suplemen zat besi, bicarakan dulu dengan dokter, karena pil suplemen mempunyai efek samping seperti pusing, muntah-muntah, konstipasi atau diare.

          Ketujuh, periksa setiap 5-10 tahun. Jika anda perempuan tak hamil di usia produktif, periksa anemia setiap 5-10 tahun. Tes anemia ini dapat dilakukan saat pemeriksaan kesehatan reguler.

          Jika anda perempuan tak hamil di usia produktif, waspadai anemia dengan waspada setiap menstruasi dengan darah yang keluar banyak sekali. Atau sedikit mendapat asupan zat besi, serta sebelumnya pernah mendapat diagnosis anemia.


(Sumber: kliping koranKu)



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar orang cantik n ganteng

Post a Comment